Dipo Alam: Hebat Kalau Jokowi Bisa Bentuk Kabinet 27 Menteri
Selasa , 19 Aug 2014, 19:16 WIB
Republika/ Yogi Ardhi
Dipo Alam

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR -- Sekretaris Kabinet Dipo Alam menyebut Jokowi hebat kalau bisa memangkas kabinet kementerian menjadi 27 saja.

"Wah, hebat.  Bagus itu kalau bisa.  Kita pengen lihat aja," kata Dipo di kawasan Indonesia Peace and Security Center, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/8).  Pernyataan ini menanggapi opsi perampingan kabinet ala Tim Transisi Joko Widodo-Jusuf Kalla. Salah satu opsi yang akan diusulkan kepada Jokowi-JK adalah pemangkasan kementerian menjadi 27 kementerian.  Jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan Kabinet Indonesia Bersatu II yang memiliki 34 kementerian. 

Menurut Dipo, jumlah kementerian sejak zaman Presiden Sukarno telah berada di kisaran 30. Jika sekarang jumlahnya ingin direduksi menjadi kisaran 20 unit, Dipo mengaku ingin melihat realisasinya.  "Silakan.  Bagus tim transisi," kata alumni Fakultas MIPA Universitas Indonesia ini. "Mereka kan sudah puasa sepuluh tahun.  Siapa tahu punya ide-ide yang bagus," lanjutnya Dipo. 

Jika alasan pemangkasan ini adalah untuk penghematan anggaran, Dipo juga ingin mengetahui realisasinya kelak.  "Juga ide-ide nya bukan orang parpol, bagus juga. Kita lihat saja nanti faktanya bagaimana," ujar Dipo. 

Redaktur : Joko Sadewo
Reporter : Muhammad Iqbal
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar