Home >> >>
Romo Magnis: Pemimpin Indonesia Harus Figur yang Pegang Janji
Senin , 24 Mar 2014, 16:05 WIB
ANTARA
Franz Magnis Suseno

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pakar etika politik dari Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Franz Magnis Suseno, menilai, pemimpin Indonesia haruslah figur yang bisa memegang janji. Menurutnya, sangat penting bagi pemimpin untuk seiya sekata antara ucapan dan perbuatan.

"Kata seorang politisi juga harus bisa dipegang seperti janji dan komitmen. Tapi jika situasi berubah, maka semua bisa berubah," kata Franz, Selasa (24/3).

Namun, lanjut dia,  rakyat mungkin tidak akan mau tahu mengenai adanya perubahan situasi. Ia menjelaskan dalam pandangan rakyat, janji adalah satu-satunya yang dapat mereka pegang.

"Tapi kesan pada rakyat berbeda. Mereka terlihat seakan-akan mendapatkan kesan menggunakan janji untuk mendapatkan kekuasaan," tuturnya.

 Franz pun merujuk langkah Jokowi saat mendeklarasikan diri menjadi bakal calon Presiden dari PDI Perjuangan masih belum tepat. Sebab belum ada program yang diusung mantan wali kota Solo tersebut.

"Saya menilai Jokowi tidak cukup dengan mendeklarasikannya. Karena saya ingin tahu beberapa program yang hebat dari dia dalam beberapa bidang yang canggih," tandasnya.

Redaktur : Muhammad Fakhruddin
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar