Home >> >>
Prabowo-Hatta Akan Aktif Memediasi Soal Palestina
Senin , 23 Jun 2014, 00:54 WIB
prabowo-hatta

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Anggota tim pemenangan Pabowo Subianto – Hatta Rajasa, Romahurmuziy (Romi) mengatakan sepanjang Indonesia diberikan kepercayaan oleh negara Palestina dan Israel memediasi, maka pemerintahan Prabowo-Hatta akan mengambil peran serta aktif.

“Namun jika tidak diminta, kita akan memberikan dukungan diplomatik seperti yang dilakukan lembaga-lembaga multilateran misal PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa),” tutur Romi saat ditemui selepas debat calon presiden (capres) putaran ketiga di Kemayoran, Jakarta Utara, Ahad (22/6).

Menurutnya, prinsip yang akan dibawa pemerintahan Prabowo – Hatta adalah menghormati kedaulatan dan perjuangan rakyat Palestina. Dan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), merupakan suatu kebijakan yang benar dalam kaitannya dengan Palestina.

“Oleh karena itu, Prabowo Hatta juga memiliki kebijakan yang sama yaitu mengakui negara Palestina merdeka,” kata Romi. Dan semua itu, lanjutnya, dilangsungkan dengan jalan diplomasi buka dengan jalan kekerasan atau militer.

Romi melanjutkan, Indonesia pernah mengadakan Jakarta Internasional Meeting (JIM) yang memediasi kelompok-kelompok yang bersengketa yang pada waktu itu adalah negara Kamboja. Sehingga kalau Indonesia diminta berperan aktif, pemerintahan Prabowo – Hatta siap melakukannya.

“Meskipun bobot demokrasi Indonesia di mata dunia Arab dan Timur Tengah memang tidak sekuat bobot diplomasi kita di negara Asean,” ujarnya. Karena, menurutnya, secara psikis negara-negara Timur Tengah, memang lebih sulit dimediasi oleh negara di luar bangsa Arab.

Karena dalam sejarah bangsa Arab, mereka selalu menilai Arab mempunyai etnik yang lebih unggul dari etnik di luar Arab.“Kalau tidak diminta, tentu saja kita memberikan dukungan penuh dalam diplomasi internasional di lembaga,” ungkapnya.

Redaktur : Taufik Rachman
Reporter : C70
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar