Home >> >>
KPU Sampang Akui Audit 82 TPS Janggal
Kamis , 17 Jul 2014, 13:44 WIB
Penghitungan suara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang Madura, Jawa Timur, mengaku telah mengaudit 82 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dianggap janggal. Kejanggalan itu lantaran partisipasi pemilih yang mencapai 100 persen.

Komisioner KPU Kabupaten Sampang Addy Imansyah mengatakan, dari 82 TPS yang diaudit, di dalamnya termasuk 17 TPS yang diduga ada kecurangan terkait perolehan suara pasangan nomor urut dua Jokowi-JK yang tidak ada satu pun suara. Meski demikian, Addy mengklaim tidak ada kecurangan terkait penyelenggaraan pemilihan presiden (pilpres) di Sampang.

"Kami telah lakukan investigasi internal dan semua dilakukan sesuai prosedur dan aturan," katanya saat dihubungi, Kamis (17/7).

Menurut Addy, investigasi yang dilakukan timnya sebatas kesahihan bahwa masyarakat benar-benar menggunakan hak pilihnya. Jika itu benar, lanjutnya, maka tidak ada masalah dalam pelaksanaan. Artinya, semua dilakukan sesuai prosedur dan tidak ada aturan yang dilanggar.

Terkait suara Jokowi-JK yang nol persen di 17 TPS, Addy merasa hal itu bukan substansi masalah. Yang terpenting prosesnya tidak ada yang dilanggar. Perihal aspirasi masyarakat kemana suaranya diberikan, menurut Addy, hal itu tidak menjadi masalah dan bisa saja 100 persen masyarakat pilihannya sama dalam satu TPS.

Dia meminta semua pihak untuk tidak hanya melihat Sampang Madura secara normatif administratif. "Tapi lihat juga bagaimana dari aspek kultur masyarakatnya dan kearifan lokal yang ada di sini," ujarnya.

Seperti diketahui, ada 17 TPS di Kecamatan Ketapang, Sampang yang dilaporkan ke Bawaslu Jatim. Ke-17 TPS yang diduga bermasalah dan saat ini sedang diklarifikasi oleh Panwaslu Sampang itu adalah TPS 1 hingga 17 di Desa Ketapang Barat, Kecamatan Ketapang, Sampang.

Ke-17 TPS diketahui semua pemilih mencoblos pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan tidak satupun yang mencoblos pasangan Jokowi-JK. Total perolehan suara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di 17 TPS ini adalah 7.134 suara, sedangkan perolehan suara pasangan Jokowi-Jusuf Kalla nol suara.

Redaktur : Muhammad Hafil
Reporter : c30
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar