Rabu 06 Apr 2011 13:16 WIB

Besok, Naskah UN SMA Masalembu Didistribusikan

Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, SUMENEP - Naskah ujian nasional sekolah menengah atas sederajat yang menjadi jatah lembaga penyelenggara di Kecamatan/Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan dikirim pada hari Kamis (7/4) besok melalui kapal. "Kalau tidak ada perubahan jadwal kapal, kami berencana mendistribusikan naskah ujian nasional (UN) sekolah menengah atas (SMA) sederajat ke Masalembu hari Kamis," kata Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Sumenep, Ata'ur Rahman, Rabu (6/4).

Ia menjelaskan, begitu naskah itu tiba di Masalembu, maka langsung diamankan di markas kepolisian sektor (mapolsek) setempat. "Naskah UN SMA sederajat yang menjadi jatah Sumenep memang dikirim lebih awal dibanding daerah lainnya, karena sebagian lembaga penyelenggara UN berada di wilayah kepulauan," ujarnya.

Waktu pendistribusian naskah UN SMA sederajat yang menjadi jatah lembaga penyelenggara di wilayah kepulauan harus menyesuaikan dengan jadwal kapal. "Untuk sementara, pendistribusian naskah UN ke Masalembu sudah bisa dipastikan pada hari Kamis, dengan catatan tidak ada kendala dengan pemberangkatan kapal di Pelabuhan Kalianget, sedang wilayah kepulauan lainnya, masih disusun jadwal pengirimannya," paparnya.

Ata'ur Rahman juga mengemukakan, proses pendistribusian naskah UN ke lembaga penyelenggara akan dikawal oleh polisi dan personel pengawas satuan penyelenggara pendidikan. "Prosedurnya memang seperti itu guna menghindari hal-hal tak diinginkan," katanya menegaskan.

Pendistribusian naskah UN SMA sderajat bagi lembaga penyelenggara di wilayah daratan dijadwalkan pada 16 April. Sumenep memiliki 27 kecamatan dan sembilan di antaranya berada di wilayah kepulauan.

Pelaksanaan UN utama SMA sederajat pada 18-21 April dan UN susulan pada 25-28 April. Data di Dinas Pendidikan Sumenep, jumlah peserta UN SMA pada tahun ini sebanyak 3.945 siswa, UN Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 4.613 siswa, dan UN Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 658 siswa. Di Sumenep, lembaga penyelenggara UN SMA sederajat tersebar di 27 SMA, 25 MA, dan 2 SMK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement