Rabu 06 Apr 2011 19:31 WIB

Master Soal UN Jabar Diserahkan ke Percetakan

Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Naskah master soal ujian nasional (UN) 2011 untuk tingkat SMA/MA/SMK wilayah Provinsi Jawa Barat telah diserahkan kepada salah satu percetakan di Kota Bandung, Rabu (6/4). Penyerahan master soal UN tersebut dilakukan oleh pihak Pusat Penilaian Pendidkan (Puspendik) Kementrian Pendidikan Nasional kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan penyelenggara UN dari perguruan tinggi yakni dari UPI Bandung.

"Seluruh master soal sudah kami terima, kemudian kita hanya memeriksa kelengkapannya saja," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wahyudin Zarkasyi di percetakan yang ditunjuk Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung.

Ia mengatakan, proses pencetakan dan memperbanyak soal UN tersebut diberikan waktu 10 hari terhitung sejak hari ini dengan lima tipe soal berbeda. "Nantinya, soal akan didistribusikan ke kabupaten kota pada tanggal 16 April 2011," ujar Wahyudin.

Dikatakannya, selama proses pencetakan soal diberlakukan prosedur yang sangat ketat guna mengantisipasi kebocoran, percetakan disterilisasi. "Jadi ada standar yang ditetapkan, percetakan juga mengkarantina pekerjanya. Selain mengerahkan pihak keamanan dari intern percetakan, kepolisian juga dilibatkan. Tidak sembarangan orang bisa masuk, akses masuk juga hanya diberlakukan di satu pintu," katanya.

Pihaknya menambahkan, pengawasan tetap dilakukan oleh pihak perguruan tinggi dan Disdik Jabar tetap membantu dalam hal teknisnya. Selain itu, pihaknya juga mengingatkan kepada pihak percetakan untuk menjaga master soal sebagai rahasia negara.

"Jika ini hilang satu lembar soal ini, nilainya tidak sebanding dengan uang Rp1 milir," ujar Wahyudin. Pelaksanaan ujian nasiona (UN) 2011 untuk tingkat sekolah menengah atas (SMA) akan dilaksanakan pada tanggal 18 April 2011.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement