Selasa 14 Jun 2011 19:52 WIB

Usai Kuras Tabungan Siswa, Guru Ini Janji Kembalikan Uang

Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, SINGARAJA - Kepala Dinas Buleleng Gede Suyasa mengatakan, ketiga guru di SD 3 Kelurahan Seririt, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali yang menilep uang tabungan siswa hingga puluhan juta rupiah, berjanji akan segera mengembalikan hak siswa tersebut. "Hal itu saya peroleh berdasarkan laporan tim khusus Disdik yang menangani masalah itu. Ketiga guru bermasalah tersebut menyampaikan janji setelah bertemu dengan tim Senin (13/6)," katanya di Singaraja, Selasa (14/6).

Dia mengatakan, selain berjanji, ketiga guru tersebut, yakni Astini, IGB Wijaya dan Komang S, mengakui telah menggunakan uang tabungan siswa untuk kepentingan pribadi. Astini telah menggunakan uang siswa sebesar Rp 44,9 juta, IGB Wijaya sebanyak Rp 12,5 juta dan Komang S sebesar Rp 9,6 juta.

"Meski berjanji akan mengembalikan uang tersebut, namun mereka melakukannya secara bertahap, tidak sekaligus," ujarnya.

Suyasa menjelaskan, hal itu berdasarkan perjanjian antara ketiga guru yang bermasalah itu dengan para orang tua siswa yang akan mengembalikan uang tabungan secara bertahap. Dari kesepakatan tersebut, kata dia, ketiga guru itu sudah mengembalikan uang secara penuh paling lambat sampai akhir bulan Juni 2011.