Ahad 18 Dec 2011 13:51 WIB

Kepala Sekolah Berharap Pencairan Dana BOS via POS

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Djibril Muhammad
Dana BOS
Dana BOS

REPUBLIKA.CO.ID, NGAMPRAH - Sejumlah Kepala SD dan Kelapa SMP di enam kecamatan Kabupaten Bandung Barat (KBB) bagian selatan berharap pencairan dan BOS kembali dilakukan di kantor PT Pos Indonesia yang berada di setiap kecamatan agar bisa lebih cepat.

"Sebelumnya, pencairan dana BOS ini lebih cepat daripada pencairan sekarang, di mana kami harus menunggu dan mengantre," kata Kepala Kepala Kepala SMPN Cipongkor, H Muhtar di Bandung, Ahad (18/12).

Menurut Muhtar, pencairan dana BOS untuk SD dan SMP di Kecamatan Cihampelas, Cililin, Gununghalu, Sindangkerta, Cililin, dan Kecamatan Rongga, kini mulai dilakukan melalui Bank Jabar Banten (BJB).

Bank badan usaha milik daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten ini, kata Muhtar, hingga sekarang, baru ada satu unit di Kecamatan Cihampelas.

Sedangkan dalam pencairan dan BOS, katanya, Bank BJB NGamprah harus melayani ratusan kepala SD dan kepala SMP baik negeri maupun swasta, dari enam kecamatan di wilayah bagian selatan KBB.

Muhtar menyebutkan, selain harus mengantre berjam-jam di bank, pencairan dana BOS juga lamban karena tidak semua jarak rumah kepala SD dan kepala SMP yang akan mencairkan dananya dekat dengan bank tersebut.

"Bahkan, ujar Muhtar, ada rumah mereka yang jarak tempuhnya sekitar 60 kilo meter dari bank, dengan kondisi jalan yang tidak sama. ada yang bagus ada juga yang rusak, sehingga memerlukan waktu tempuh yang cukup lama," katanya.

Lain halnya saat pencairan dana BOS melalui PT Pos Indonesia, kata Muhtar, lebih cepat, karena perusahaan milik negara ini ada di setiap wilayah kecamatan, termasuk di enam kecamatan itu.

Menurut Muhtar, kondisi itu, sangat mengganggu aktivitas setiap kepala sekolah di setiap sekolahnya, karena untuk mencairkan dana BOS harus menghabiskan waktu yang relatif lama.

"Apalagi kepala sekolah yang rumahnya jauh dari lokasi BJB," ujar Muhtar, seraya berharap pencairan dana BOS berikutnya bisa dilakukan lagi di PT Pos Indonesia, karena selain dekat, pencairan juga bisa dilakukan pada hari Sabtu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement