Ahad 15 Apr 2012 16:22 WIB

Cegah Nyontek, Peserta UN 'Diikat' Pakta Integritas

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Dewi Mardiani
Ujian Nasional (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Ujian Nasional (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang, menginstruksikan kepada 19.460 siswa SMA sederajat untuk menandatangani pakta integritas. Tanda tangan itu, dilakukan sebelum pengisian jawaban ujian nasional (UN) yang akan berlangsung besok, Senin (16/4). Pakta integritas tersebut, sebagai perjanjian untuk mengusung kejujuran siswa dalam pelaksanaan UN tersebut.

"Kami ingin seluruh peserta jujur. Jadi, mereka perlu menandatangani pakta integritas," kata Kepala Dinas Pendidikan Karawang, Agus Supriatman, Ahad (15/4).

Terkait dengan pra pelaksanaan, Agus menjelaskan, Ahad ini soal UN sudah didistribusikan ke 12 sub rayon. Distribusi, melibatkan anggota kepolisian. Termasuk, penjagaan di lokasi sub rayon. Setiap sub rayon dijaga oleh dua aparat kepolisian dan tim pelaksana UN. Sedangkan distribusi ke masing-masing sekolah, akan dilakukan sejam sebelum pelaksanaan.

Disebutkan Agus, pada UN tahun ini pihaknya optimistis seluruh siswa akan lulus semua. Meskipun, secara global kelulusan UN tahun sebelumnya untuk Karawang masuk dalam kategori 26 besar. "Kami tak mengejar prestasi di provinsi. Namun yang jelas, tahun ini 100 persen seluruhnya lulus," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement