Jumat 04 May 2012 16:11 WIB

Soal UN SD Didistribusikan Sabtu Besok

Rep: Yulianingsih/ Red: Hafidz Muftisany
ujian (ilustrasi)
Foto: all-news-updates.blogspot.com
ujian (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Distribusi soal ujian nasional (UN) Sekolah Dasar (SD) di Provinsi DIY akan dilakukan pada Sabtu (5/5) ini. 

Soal dari gudang Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) akan didistribusikan ke kabupaten/kota yang diteruskan ke masing-masing kelompok kerja (pokja) SD di wilayah tersebut. UN tingkat SD sendiri digelar mulai Senin - Rabu (7-9/5) mendatang.

Koordinator UN Provinsi DIY, Baskara Aji mengatakan, materi UN untuk SD ini memiliki komposisi 25 persen dibuat oleh pusat dan 75 persen dibuat oleh daerah. "UN untuk SD bukan satu-satunya penentu kelulusan siswa tetapi harus dielaborasi dengan nilai sekolah," terangnya, Jumat (4/5).

Diakuinya nilai UN berpengaruh 60 persen pada kelulusan siswa dan sisanya 40 persen adalah nilai sekolah. Meski begitu nilai UN digunakan untuk seleksi masuk ke SMPN/MTsN di DIY.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana mengatakan, soal ujian nasional untuk SD tersebut akan ditempatkan di empat sekolah yang telah ditetapkan sebagai unit pelaksana teknis (UPT) sekolah dasar.

"Petugas dari Dinas Pendidikan, UPT, dan kepala sekolah pun akan terus mengawasi proses distribusi soal," katanyaDinas Pendidikan Kota Yogyakarta akan menerapkan standar pengamanan soal ujian nasional sekolah dasar yang sama seperti pengamanan untuk soal ujian nasional sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

"Pengamanan soal akan dilakukan dengan menyegel ruang dan almari penyimpanan dengan segel ganda," katanya yang juga akan memberlakukan pejagaan selama 24 jam di UPT.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement