Senin 07 May 2012 11:55 WIB

'Dinas Halangi Tim Olimpiade Fisika Rekrut Siswa Daerah'

Pendiri APhO dan pelatih tim olimpiade Indonesia, Yohanes Surya bersama anak didiknya dari daerah
Foto: Republika/Amin
Pendiri APhO dan pelatih tim olimpiade Indonesia, Yohanes Surya bersama anak didiknya dari daerah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri APhO dan pelatih tim olimpiade Indonesia, Yohanes Surya mengeluhkan sulitnya merekrut siswa dengan bakat fisika dari daerah. Menurutnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tidak memperbolehkan siswa yang memenangi Olimpiade Fisika Nasional mengikuti APhO.

"Mereka yang menang Olimpiade Fisika Nasional akan diikutkan Olimpiade Fisika Internasional, sehingga akhirnya kami hanya menyeleksi siswa dari sekolah yang beminat yang umumnya merupakan sekolah swasta besar," kata dia.

Padahal, Yohanes berharap dapat menemukan bakat-bakat fisika yang berasal dari daerah selain ibu kota. "Banyak sekali siswa dari kampung yang kalau diberi pelatihan intensif akan berprestasi di tingkat Internasional, contohnya siswa dari Makassar yang pada tahun 2006 lalu mendapat medali emas di APhO," kata dia.

Baru saja tim olimpiade fisika besutan Yohanes menggondol  dua medali emas, satu perak, dan dua perunggu dalam Olimpiade Fisika se-Asia 2012 (Asian Physics Olympiad-APhO 2012) di India.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement