Kamis 03 Jan 2013 23:17 WIB

Tanam 1000 Pohon di Daerah Resapan Air yang Gersang

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: M Irwan Ariefyanto
Tanam 1000 Pohon di Daerah Resapan Air bersama FIKOM Unpad
Foto: unpad
Tanam 1000 Pohon di Daerah Resapan Air bersama FIKOM Unpad

REPUBLIKA.CO.ID,JATINANGOR -- Himpunan Mahasiswa Hubungan Masyarakat (Hima Humas) Fikom Unpad menggelar kegiatan ‘Gerakan Penanaman 2000 Pohon’, pada Sabtu (22/12). Kegiatan ini didukung oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, pemerintah kabupaten Sumedang bekerjasama dengan BPTH wilayah Jawa-Madura, UPTD dinas Kehutanan dan Perkebunan wilayah Tanjungsari, dan masyarakat Desa Cileles.

Desa Cileles karena posisi desa berada di daerah atas. Daerah yang merupakan daerah resapan air namun terlihat gersang karena sudah minimnya pohon. Terutama pohon hutan yang ada disana. Pihak UPTD sendiri menyatakan siap memantau perkembangan tanaman sebagai bentuk perhatian penuh kegiatan ini. Masyarakat juga menyatakan siap menerima program serupa jika kelak diselenggarakan kembali.

Acara dimulai dengan sambutan oleh ketua pelaksana, ketua Hima, Perwakilan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Perwakilan Rektor Universitas Padjadjaran, sekretaris Desa Cileles, Perwakilan UPTD, serta Perwakilan BPTH. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan plakat, penanaman pohon secara simbolis di depan Balai Desa Cileles dan diakhiri dengan penanaman bersama di lahan yang telah disediakan di Desa Cileles.

 

Jenis pohon yang ditanam adalah pohon Albazia dan Jati Putih. Pohon ini sumbangan dari UPTD dan BPTH yang menyambut baik kegiatan ini. Kegiatan ini bentuk kepedulian masyarakat terutama generasi muda terhadap nasib bumi dimasa yang akan datang.

Rangkaian kegiatan “Charity and Art Festival 2013” yang mengusung tema “Save the Green Nature” ini terdiri dari pre-event, main event dan pasca event. Kegiatan pre-event yaitu kegiatan gerakan penanaman 2000 pohon, kompetisi band, dan kompetisi video. Kemudian main-event berupa kegiatan konser artis. Serta pasca-event berupa penempatan tempat sampah di sekitar wilayah Jatinangor, yang bekerjasama dengan pihak Kecamatan Jatinangor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement