Jumat 02 Aug 2013 15:00 WIB

Warga Thailand Raih Doktor di UIN Sunan Kalijaga

Rep: Heri Purwata/ Red: Citra Listya Rini

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Usamarn Madami (43 tahun) warga Thailand kelahiran Yala berhasil meraih gelar doktor di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Usamarn mengangkat karya doktoral berjudul 'Islam di Muang Thai Selatan (Inkulturasi Nilai-nilai Islam dalam Kebudayaan Melayu)'.

Karya tersebut berhasil dipertahankan di hadapan promotor dan tim penguji yang terdiri Prof Dr Khoiruddin Nasution, Dr Zamzam Afandi, Prof Dr Dudung Abdurrahman, Prof Dr H Burhanuddin Daya (promotor merangkap penguji), Dr Ahmad Yani Anshori (promotor merangkap penguji), Kamis (1/8).  

Dijelaskan Usamarn, Agama Islam datang di Patani, Thailand pada abad 10 Masehi. Berkembang pesat pada abad 15 Masehi, ketika para pedagang Arab dan India terus berupaya mengislamkan orang-orang Melayu di Patani. 

Islam yang disebarkan di Patani tersebut berkaitan dengan Islam di Pasai. Di mana Kerajaan Melayu Pasai  telah dikenal sebagai pusat Islam sejak abad 13 Masehi. 

Proses Islamisasi dan pembentukan Negara Islam Melayu Patani Darussalam terdapat dua pola, yaitu, situasi di saat Islam berperan dalam menentukan proses pembentukan negara. Keduan di saat Islam harus menghadapi masalah akomodasi truktural. 

Pola Islamisasi di Patani melalui konversi istana sebagaimana disebutkan oleh historiografis tradisional yang mencerminkan bahwa pengakuan raja terhadap kemungkinan yang diberikan oleh Islam untuk mengatasi masalah politik, sosial, budaya dan ekonomi pada masa itu. Sedang, Islam di Patani bukan agama pertama yang lahir. 

Sebelumnya sudah terdapat agama yang asli (Animisme, Dinamisme dan Hindu-Budha). Dalam proses persentuhan antara budaya lokal dengan  kebiasaan-kebiasaan agama lama, terjadilan proses inkulturasi, yang melahirkan suatu tradisi dengan ciri khas budaya pribumi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement