Rabu 16 Oct 2013 01:53 WIB

UIN Sunan Kalijaga Sosialisasi Pemanfaatan Nuklir

Rep: Mohammad Akbar/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)
Foto: thenewsinn.com
Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pengembangan teknologi nuklir untuk kemaslahatan menjadi satu kebutuhan yang dapat dipertimbangkan. Saat ini masih terdapat resistensi di tengah masyarakat dalam memanfaatkan nuklir sebagai energi alternatif.

Terkait hal itulah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga mencoba mengambil peran untuk menyoalisasikan pemanfaatan teknologi nuklir sebagai energi yang dapat digunakan oleh masyarakat umum.

''Sebagai kampus berbasis agama tentunya bisa menyampaikan kepada masyarakat luas bahwa nuklir juga bagian dari kebesaran Tuhan yang harus digali dan terus bisa dimanfaatkan secara baik dan bijak,'' kata Guru Besar UIN Sunan Kalijaga, Munir Mulkhan, dalam seminar bertajuk 'Pengembangan Teknologi dan Kebijakan Energi Nuklir Nasional Berdasarkan Kearifan Lokal' yang digelar belum lama ini di Convention Hall, kampus UIN Sunan Kalijaga.

Seminar ini digelar oleh Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga lewat kerjasama dengan Pusat Teknologi Reaktor dan Keselamatan Nuklir Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Tampil dalam acara tersebut diantaranya Dr. Liem Peng Hong dari Naist Jepang, Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan, Kepala BATAN, Prof. Dr. Jarod Sulistio Wisnubroro serta Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. H. Musa Asy’arie.