Sabtu 25 Jan 2014 22:00 WIB

IPB Kembangkan Rumput Gajah Odot

Red: Taufik Rachman
Kampus IPB
Foto: Faiz Zuhad Mushoffi
Kampus IPB

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR--Institut Pertanian Bogor melalui Direktorat Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian (KSKP) mengembangkan tanaman rumput gajah odot (Pennisetum purerium cvmoot) sebagai sumber pakan hijauan bagi ternak sapi dan kambing.

Direktur Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian IPB, Dr Ir Dodik Ridho Nurrochmat mengatakan, pengembangan rumput gajah odot merupakan program pertanian terintegrasi untuk menjawab isu ketersediaan daging dan susu hewani secara cukup.

"Saat ini ruput gajah odot kita tanam di sejumlah lokasi pertama di Dusun Cibilik, Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Di sana terdapat lahan seluas 3 hektar yang sudah kita tanami," ujar Dodik dalam kegiatan panen raya rumput gajah odot, di Cicurug Sukabumi, Sabtu.

Dodik mengatakan, pengembangan rumput gajah odot telah memasuki tahap pertama panen. Di mana satu hektar lahan mampu menghasilkan hingga 60 ton rumput gajah odot. Rumput tersebut dapat dipanen setiap dua bulan sekali dengan masa tanam selama dua tahun.