Jumat 07 Nov 2014 19:50 WIB

Budaya Riset di Indonesia Perlu Dipacu

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Yudha Manggala P Putra
Riset di Laboratorium (ilustrasi)
Riset di Laboratorium (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Trilogi, Aam Bastaman, menilai penggabungan Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Ristek dan Dikti) oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianggap langkah yang tepat. Menurutnya ini merupakan saat yang tepat untuk memacu budaya meneliti di Indonesia. 

Aam menuturkan budaya meneliti di Indonesia masih rendah. Hasil penelitian dikalangan akademisi Indonesia jauh tertinggal bahkan jika dibandingkan dengan negara serumpun seperti Malaysia dan Singapura.

"Kalau kita bicara budaya riset di perguruan tinggi di Indonesia memang masih rendah termasuk di kalangan akademisi, padahal ini yang harus dibangun," kata Aam di Jakarta, Jumat (7/11).

Menurutnya ada paradigma yang salah tentang dunia penelitian. Penelitian masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat Indonesia secara luas.

Sebagian kalangan menganggap riset bukan hal yang penting. Profesi sebagai peneliti dianggap bukan hal yang menguntungkan. Dan meneliti hanya miliknya segelintir orang.

Padahal, lanjutnya, penelitian adalah permulaan dari pemecahan suatu masalah. Aam mencontohkan, di dunia industri sebelum mengeluarkan produk baru lebih dulu dilakukan riset. Seperti apa dinamika pasar, gaya hidup pasar hingga kebutuhan pasar diketahui melalui riset.

"Pengetahuan itu didapat berdasarkan riset dan kemudian diimplementasikannya," tambah Aam.

Di kalangan akademisi, Aam menuturkan, wacana penggabungan dikti dan ristek sejatinya sudah digagas di forum rektor awal tahun lalu. Keterkaitan dikti dan ristek dianggap lebih tepat karena pada dasarnya produk dari perguruan tinggi adalah riset.

"Mudah-mudahan ini menjadi langkah baru menyadarkan pentingnya riset, baik itu di kalangan akademisi maupun mereka yang berkecimpung di dunia itu," ujarnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement