Kamis 11 Dec 2014 17:34 WIB

IAIN Mataram akan Jadi UIN

Rep: ahmad baraas/ Red: Damanhuri Zuhri
Gubernur NTB Zainul Majdi
Foto: Republika/ Yogi Ardhi
Gubernur NTB Zainul Majdi

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram, sekolah tinggi itu dipastikan akan berganti status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Rencana itu, kata Gubernur NTB, Zainul Majdi, sudah mendapat persetujuan dari Menteri Agama saat dipimpin Suryadharma Ali. "Ketika itu Pak Menteri Agama sudah menyetujuinya dan kami akan menindaklanjuti hal itu," kata Gubernur.

Hal itu dikemukakan Zainul Majdi yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB), di Mataram, Kamis (11/12), saat menerima kunjungan Anggota Komisi VIII DPR RI. Dalam kunjungannya ke NTB, anggota Komisi VIII yang dipimpin Dr H Deding Ishak, sempat mengunjungi IAIN Mataram.

Menurut Gubernur TGB, pihaknya sudah lama berusaha menjadikan IAIN Mataram sebagai UIN. Karena katanya, dengan menjadi UIN, mutu pendidikannya akan lebih baik dan hal itu sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas SDM di NTB.

Terkait kehiupan beragama masyarakat NTB, Gubernur menyebut masyarakat NTB tergolong sebagai masyarakat dengan pnduduk mayoritas muslim yang agamis.

Namun demikian, sebut Gubernur, masyarakat NTB juga menghormati perbedaan kehidupan agama yang beragam. "Ummat Islam di NTB memiliki penghayatan agama yang kuat, dan mau mengayomi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement