Kamis 11 Jun 2015 17:04 WIB

IPB Kembangkan Alat Deteksi Pohon Rawan Tumbang

Rep: C21/ Red: Karta Raharja Ucu
Pohon tumbang menimpa kendaraan. (ilustrasi)
Foto: Antara/Adhitya Hendra
Pohon tumbang menimpa kendaraan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk meminimalisir tumbangnya pohon-pohon berusia tua di Kota Hujan. IPB lalu mengembangkan alat detektor Sonic Tomograf, untuk memantau kondisi pohon.

Penggunaan alat deteksi itu dengan cara ditempelkan pada pohon dan terhubung dengan sistem komputerisasi. "Anggaran akan diusulkan pada tahun 2015-2016. Kalau yang 2015 anggaran perubahan," kata Kepala Seksi Pemeliharaan Taman Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor, Erwin Gunawan di Bogor, Kamis (11/6).

Anggaran tersebut untuk meneliti kondisi pohon. Sifatnya kerja sama penelitian dengan IPB, karena mereka yang mempunyai alatnya. "Karena mereka memiliki tenaga ahli dan peralatan. Menggunakannya pun membutuhkan keahlian," ucap dia.

Kerja sama ini menurut Erwin, sebelumnya hanya bersifat informal, dan belum dianggarkan secara khusus dengan Fakultas Kehutanan IPB. "Dengan alat detektor itu, sekitar 80 persen dapat terlihat pohon tersebut layak ditebang atau tidak, demi keamanan. Dari hasil penelitian tersebut mengeluarkan rekomendasi terhadap penanganan pohon rawan tumbang," imbuh Erwin.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement