Rabu 21 Oct 2015 06:45 WIB

Rektor: Kemampuan Dosen Lakukan Penelitian Sangat Rendah

Red: Erik Purnama Putra
Rektor Universitas Sulawesi Tenggara Prof Andi Bahrun.
Foto: Antara
Rektor Universitas Sulawesi Tenggara Prof Andi Bahrun.

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) Prof Andi Bahrun mengatakan kemampuan para dosen di Indonesia untuk melaksanakan kegiatan penelitian masih sangat rendah ketimbang negara lain di dunia.

"Penyebab adalah keterbatasan sumber daya manusia, masalah infrastruktur dan persoalan pada manajemen lembaga pendidikan itu sendiri dan masih banyak faktor lain," kata Andi Bahrun di Kendari, Rabu (21/10).

Unsultra tengah menggelar rangkaian kegiatan Penulisan Proposal Penelitian di Perguruan Tinggi yang diselenggarakan bekerja sama Kementrian Ristek dan Dikti sejak Senin (20/10). Menurut Bahrun, Pemerintah menyadari kondisi kemampuan para peneliti dan berupaya menggenjot kemampuan mereka.

Banyak hal dilakukan seperti pelatihan dan bimbingan, selain perlu merubah beberapa kebijakan seperti menjadikan manajemen pelaksanaan penelitian dari sentralisasi menjadi desentralisasi. Anggaran dari pemerintah pusat untuk penelitian cukup besar, mulai dari dosen pemula, sampai dosen yang memiliki kemampuan riset yang andal.