Sabtu 20 Aug 2016 04:00 WIB

Pemuda Ini Berhasil Ciptakan Helm Anti Kantuk

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Pengendara motor kerap dilanda kantuk saat naik motor (ilustrasi)
Foto: Republika/ Wihdan
Pengendara motor kerap dilanda kantuk saat naik motor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua pemuda alumni Universitas Surabaya berhasil menciptakan helm anti kantuk. Ciptaan Kristiawan Manik dan Ricky Natahaniel Joevan ini sudah selesai sejak 2014. Bahkan, alatnya ini sudah berhasil memenangkan medali emas di ajang Innovation and Design Competition 2014 di Johor, Malaysia.

Kris menerangkan, ide mengembangkan helm ini bermula dari banyaknya kecelakaan pengemudi motor akibat mengantuk. ”Ini kan konyol, kok hanya mengantuk saja bisa kecelakaan, ini kenapa?” ujar Kris saat ditemui wartawan di Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (19/8).

Kris bersama kawannya pun mengaku penasaran dan mencoba menelusuri keterkaitan mengantuk dengan kecelakaan. Setelah memperoleh data dan informasi, barulah mereka mengetahuinya. Menurut Kris, penyebab mengantuk ini karena detak jantung pengemudi yang tidak mencapai batasan normal. Untuk itu, mereka pun terbesit untuk membuat alat yang bisa mengingatkan pengemudi saat mengantuk.

 “Ini tujuannya bukan menyadarkan pengemudi saat mengantuk, cuma pengingat. Sebab, keselamatan itu berawal dari diri sendiri,” kata lulusan Program Kekhususan Teknik Manufaktur, Fakultas Teknik, Universitas Surabaya ini.