Kamis 05 Jan 2017 08:39 WIB

UIN Ingin Lahirkan Semakin Banyak Profesional Islami

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Andi Nur Aminah
 Rektor UIN Syarief Hidayatullah Jakarta Dede Rosyada
Foto: Republika/Prayogi
Rektor UIN Syarief Hidayatullah Jakarta Dede Rosyada

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Dede Rosyada, menegaskan akan terus mencoba melahirkan profesional Islami. Ia merasa, orang-orang dengan pribadi profesional Islami yang bisa menjamin masa depan Indonesia.  "Misi UIN ingin melahirkan semakin banyak profesional Islami di Indonesia," kata Dede kepada Republika.co.id, Rabu (4/1).

Ia menerangkan, profesional Islami yang dimaksud berada dalam aspek basis pribadi religius yang sangat bagus, bukan simbolis dengan pakaian semata. Dede menekankan, profesional Islami berada pada aspek substantif yaitu dengan hati, jiwa dan perilaku sehari-hari yang Islami.

Saat ini, lanjut Dede, UIN terus mencoba berpenetrasi untuk bertransformasi jadi lebih besar, dengan perluasan kompetensi yang semakin terasa bagi bangsa Indonesia. Selain itu, ia melihat, UIN saat ini sudah mengemban tugas yang lebih besar dengan ruang lingkup lebih luas bagi generasi penerus. "Itu pula yang jadi alasan transformasi kita menjadi UIN," ujar Dede.

Untuk itu, ia menekankan, berbagai misi itu sudah mulai terpenuhi lewat lulusan yang sudah berada di begitu banyak aspek profesi di Indonesia. Menurut Dede, yang terpenting mereka tidak melupakan identitas masing-masing, sehingga bisa terus mempertahankan hati, jiwa dan perilaku Islami.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement