Selasa 24 Jan 2017 18:51 WIB

Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Portal Jasa Servis Mobil

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yudha Manggala P Putra
 Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.
Foto: Untag
Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya Mochammad Bachrum Firdaus Wibisono menciptakan Portal Jasa Servis Mobil Area Surabaya Berbasis Web.

Website portal jasa servis mobil ini membantu menghubungkan dan menfasilitasi para pemilik usaha jasa servis mobil dan para pengguna jasa.

Meningkatnya kebutuhan mobil di kota besar termasuk Surabaya menuntut adanya perawatan, pemeliharaan dan perbaikan pada mobil. Hal itu melatarbelakangi penelitian portal jasa servis mobil area Surabaya berbasis Web untuk memberikan informasi akurat dan lengkap tentang bengkel mobil.

Portal web ini sekaligus memberikan peluang  pemilik usaha bengkel mobil untuk memperkenalkan dan mempromosikan lebih luas usaha bengkel mobilnya.

Bachrum mengatakan portal jasa servis mobil diciptakan menggunakan bahasa pemrpgraman PHP, Javascript dan database MySql. Portal jasa servis mobil dirancang dengan fitur User interface. Sehingga diharapkan dapat mempermudah orang yang ingin mendapatkan informasi bengkel mobil dan pemesanan servis.

Portal jasa servis mobil ini memuat fitur menu lengkap seperti halaman menu utama, halaman menu register, sertamenampilkan data client secara detail. Untuk melakukan order, pengguna jasa bisa masuk menu order Implementasi menu utama client.

Halaman menu utama bengkel menampilkan data bengkel secara detail. Kemudian bengkel dapat mengambil orderan serta melakukan input data mekaniknya. Halaman menu data bengkel untuk melihat daftar bengkel yang sudah terdaftar menjadi anggota di web portal bengkel.

Halaman order client untuk membuat order servis yang akan di ambil order oleh pihak bengkel.  “Terdapat juga halaman order darurat client untuk membuat order yang sifatnya darurat dan harus segera dilakukan penanganan oleh mekanik, halaman draf service untuk melihat riwayat order servis yang pernah dilakukan oleh client, halaman profil client, halaman profile company, halaman edit profil, halaman input mekanik,halaman input merk mobil dan tipe mobil dan halaman konfirmasi order,” kata Bachrum melalui siaran pers, Selasa (24/1).

Menurutnya, portal jasa servis mobil area Surabaya berbasis Web ini dapat membantu menghubungkan dan menfasilitasi para pemilik usaha servis mobil dan para pengguna jasa. Selain itu memudahkan para pemilik usaha servis mobil untuk mempromosikan bengkel mereka, serta memudahkan para client untuk mendapatkan informasi bengkel servis mobil yang mereka inginkan dengan cara melihat daftar bengkel yang sudah registrasi pada portal.

“Sistem yang berbasiskan web memudahkan para pemilik usaha servis mobil dan para client untuk mengaksesnya kapanpun dimana saja,” imbuh Bachrum.

Penelitian portal jasa servis mobil area Surabaya berbasis Web ini di bimbing oleh dosen Roenadi Kusdijarto serta diuji oleh Supangat, dan M Sidqon pada 18 Januari 2017 di gedung Fakultas Teknik Untag Surabaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement