Jumat 26 May 2017 07:39 WIB

UGM-Unram Temukan Pakan Penurun Kolesterol Daging

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Ilham
ilustrasi daging sapi.
ilustrasi daging sapi.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan Fapet Universitas Mataram (Unram) menemukan pakan penurun tingkat kolesterol daging sapi. Pakan tersebut berasal dari kulit buah kakao (KBK) yang banyak ditemukan di sekitar lingkungan peternakan. Kemudian dicampur dengan jerami jagung sebagai pakan utama sapi.

“Hasil penelitian di Fapet UGM dan Fapet Unram menunjukkan bahwa sapi Bali yang diberi pakan KBK dicampur dengan jerami jagung, mempunyai rata-rata kandungan kadar kolesterol 62,5 mg/100g,” ujar Peneliti Senior Fapet UGM Edi Suryanto, kemarin.

Menurut dia, secara umum sapi Bali yang pakan utamanya tidak dicampur KBK mempunyai rata-rata kandungan kadar kolesterol 80-100 mg per 100 gram. Ia menuturkan, jika kolestrol pada daging sapi dapat diturunkan, maka tingkat kolestrol pada tubuh manusia pemakan daging sapi juga dapat menurun.

“Memasuki Bulan Ramadhan biasanya masyarakat mengkonsumsi daging sapi cukup banyak. Karena itu, sangat perlu diperhatikan kadar kolesterol yang terkandung dalam daging sapi. Supaya saat puasa kita bisa tetap sehat dan bugar," kata Edi.