Kamis 13 Jul 2017 08:24 WIB

Ratusan Mahasiswa Unsyiah Dilatih Berwirausaha

Red: Dwi Murdaningsih
Wirausaha/ilustrasi
Wirausaha/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, ACEH --  Sebanyak 250 mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dilatih mengenai cara berwirausaha melalui Seminar dan Pelatihan Kewirausahaan yang bertema 'Melalui Kegiatan Wirausaha Kita Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa Unsyiah'. Kepala UPT Kewirausahaan Unsyiah M Hanafiah mengatakan kegiatan itu bertujuan agar tercapainya peningkatkan jiwa, sikap, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa di bidang kewirausahaan.

"Yang akhirnya akan menghasilkan wirausaha baru yang mampu menciptakan lapangan kerja,” kata Hanafiah, dalam kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari mulai 10 – 11 Juli itu.

Dalam pemaparannya, narsusmber dari Institut Pertanian Bogor Hanny Wijaya mengungkapkan, sudah menjadi hal yang lumrah apabila sebuah usaha itu maju mundur dan maju mundur. Namun yang penting adalah para pelaku usaha harus konsisten dengan usaha yang digelutinya. Selain itu, pengusaha harus berjiwa totalitas ketika sedang berwirausaha.

“Jangan mudah menyerah dan bermental pecel lele yang kalau suatu usaha berhasil kemudian yang lain semua ikutan buka usaha yang sama,” ujarnya.

Menurutnya, pelaku usaha harus menciptakan produk yang kreatif dan kompetitif agar laku di pasaran. Pasar biasanya cepat bosan dengan produk yang tidak berinovasi. Di samping itu, dunia usaha harus memanfaatkan dunia digital sebagai wadah untuk pemasaran produk.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement