Rabu 04 Oct 2017 16:11 WIB

UMY Bangun 'Green Building' untuk Penerimaan Mahasiswa Baru

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Winda Destiana Putri
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tengah mendirikan sebuah bangunan baru yang akan digunakan sebagai gedung khusus untuk Admisi UMY. Gedung yang dirancang 3 lantai tersebut direncanakan untuk menjadi pusat kegiatan yang terkait penerimaan mahasiswa baru (Penmaru).

Ini dikarenakan lokasi yang saat ini ditempati oleh Biro Admisi UMY sudah tidak lagi memadai ketika harus melakukan aktivitas, terutama di musim penerimaan mahasiswa. Disebutkan oleh Bagus Soebandono, selaku Kepala Biro Sumberdaya Aset, gedung ini akan memudahkan bagi orang yang ingin mendaftar atau mencari informasi tentang UMY.

"Lokasi lama yang terletak di gedung AR Fachruddin A hanya memiliki satu lab komputer dan juga satu tempat ujian. Ketika musim pendaftaran dibuka lokasi tersebut akan dipadati oleh pendaftar dan akan mengganggu akses ke Rektorat juga biro lainnya. Dengan adanya gedung baru ini diharapkan dapat memusatkan kegiatan Biro Admisi dan memberikan ruang aktivitas yang leluasa bagi pendaftar. Selain itu juga, orang akan langsung tahu bila ingin mencari informasi tentang UMY, bisa langsung menuju ke gedung Admisi," ujarnya, Rabu (4/10).

Tak hanya itu, gedung baru Admisi tersebut juga direncanakan menjadi Green Building pertama di UMY yang memiliki misi untuk menjadi Green Campus. Maksud dari Green Building ini adalah gedung ramah lingkungan yang mampu mengkonservasi atau menyimpan energi. Jadi konsumsi penggunaan energi tahunan untuk gedung tersebut akan lebih rendah juga efisien, dibandingkan dengan gedung yang sudah ada.