Ahad 29 Oct 2017 05:59 WIB

Alumni Program Sandwich Gelar Konferensi Pendidikan

Red: Irwan Kelana
Para peserta konferensi internasional inovasi dan mutu pendidikan yang diadakan oleh Program Sandwich dan Bermutu Ohio State University.
Foto: Dok Misbah F
Para peserta konferensi internasional inovasi dan mutu pendidikan yang diadakan oleh Program Sandwich dan Bermutu Ohio State University.

REPUBLIKA.CO.ID,  SOLO -- Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat berharga dan strategis. Kualitas sumber daya manusia harus terus ditingkatkan.

Alumni Program Sandwich dan Bermutu Ohio State University bekerja sama dengan FKIP UNS mengikuti International Conference on Learning Innovation and Quality Education di UNS Solo, Sabtu (28/10).

Alumni Program Sandwich dan Bermutu yang hadir antara lain, Dr  Atiek Zahrulianingdyah, MPd, Dr Misbah Fikrianto MM., MSi, Dr Ernita Siallagan MPd, Eko Retno Mulyaningrum, MPd, Widya Karmilasari MPd, Dr Yuni Pantiwati MPd, Nunung Nurjati MPd, Ady Ferdian Noor MPd, Dr M  Burhan R Wijaya MPd, Erly Wahyuni,MSi, dan Daru MPd.

Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP UNS Solo Dr  Munawir Yusuf mengatakan, kegiatan ini merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan kajian bidang pendidikan.

Konferensi internasional inovasi dan mutu pendidikan tersebut   dihadiri hampir 200 peserta dari berbagai negara yaitu Malaysia, Filipina, Thailand, dan Indonesia. Kerja sama ini merupakan bagian dari kegiatan Alumni Program Sandwich dan Bermutu.

“Konferensi ini  sangat penting untuk mempublikasikan hasil penelitian dan kajian masing-masing rumpun keilmuan,” kata Dr Misbah Fikrianto, salah satu alumnus Program Sandwich dan Bermutu yang juga salah seorang pemakalah, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (28/10).

Kegiatan Alumni Sandwich dan Bermutu ini merupakan kegiatan yang kedua, setelah pada tahun 2012 dilakukan di Semarang. Para Alumni berkomitmen untuk terus berkolaborasi untuk peningkatan kualitasnya.“Rencana pengembangan kegiatan yang dapat dilakukan, sebagai berikut:  kerja sama penelitian, kerjasama seminar, kerja sama penulisan buku, kerjasama publikasi, dan lainnya,” tutur Misbah.

Salah satu peserta perwakilan Program Sandwich dan Bermutu,  Atiek Zahrulianingdyah mengatakan kegiatan alumni dapat dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Harapannya, alumni Program Sandwich dan Bermutu aktif memberikan kontribusi untuk bangsa dan negara melalui kontribusi bidang pendidikan. “Peserta alumni program Sandwich dan Bermutu sangat potensial dan berasal dari berbagai daerah,” ujar Atiek.

Salah satu wakil Program Bermutu Widya Karmilasari berharap, para alumni terus aktif menjalin komunikasi dan memberikan karyanya untuk pendidikan di Indonesia. “Pengalaman yang didapat dari Ohio State University menjadi kekuatan dan jaringan produktif. Terdapat banyak pengetahuan dan informasi yang dapat diadaptasi untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia,” tutur Widy Karmilasari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement