Selasa 27 Feb 2018 00:05 WIB

Pengajar dan Peneliti USU Produktif Gelar Penelitian

Untuk produk inovasi, USU di peringkat kedua di jajaran PTN di Indonesia setelah ITS.

Red: Israr Itah
Universitas Sumatera Utara
Universitas Sumatera Utara

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Kemajuan suatu Perguruan Tinggi dapat dilihat dari pencapaian hasil penelitian dan produk inovasi serta banyaknya artikel dosen, serta mahasiswa yang dimuat di jurnal internasional bereputasi. Ini disampaikan oleh Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu, SH dalam wisuda sarjana Tahun Akademik 2017/2018, di Auditorium USU, Medan, Senin (26/2).

"Karena itu, kami juga menetapkan hal tersebut sebagai prioritas program rektor periode tahun 2016-2021," kata Runtung.

Dengan dukungan dana yang cukup besar, menurut dia, bidang-bidang tersebut juga mengalami peningkatan yang memuaskan. Ia mengungkapkan, untuk jumlah penelitian yang dilakukan para tenaga pengajar dan peneliti USU pada 2017 tercatat 440 judul penelitian dan program Pengabdian Kepada Masyarakat dengan realisasi mencapai 178.

Ia mengatakan, dalam hal penerbitan tulisan ilmiah terindeks scopus, hingga Januari 2018 tercatat 1.095 publikasi dan mendapat peringkat ke-17 di Indonesia. Dengan jumlah artikel dosen/mahasiswa yang dimuat pada jurnal internasional bereputasi juga terus meningkat. Saat ini, USU sudah berada pada peringkat 13 di jajaran PTN/PTS.