Selasa 09 Oct 2018 03:07 WIB

Lulusan Pariwisata Ditargetkan Tersertifikasi Standar Asean

SDM profesional di bidang pariwisata sangat dibutuhkan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Hazliansyah
Menpar Arief Yahya berfoto dengan wisudawan terbaik STP Bandung.
Foto: Foto istimewa STP Bandung
Menpar Arief Yahya berfoto dengan wisudawan terbaik STP Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai sumber daya manusia (SDM) profesional di bidang pariwisata sangat dibutuhkan. Terutama untuk mewujudkan target kunjungan wisatawan 20 juta wisatawan mancanegara dan 275 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di 2019. Apalagi saat ini pariwisata sudah menjadi industri mainstream atau artinya sudah menjadi industri yang diandalkan menjadi penghasil devisa terbesar.

Arif mengatakan, untuk mencapai SDM yang profesional tersebut maka ia menginginkan kurikulum pariwisata harus berstandar dunia yang ditetapkan lembaga pariwisata dunia.

"Kami ingin 100 persen lulusan sekolah tinggi pariwisata bersertifikasi standar Asean. Jadi, anak-anak kita yang lulus mendapat sertifikat dan bisa bekerja dinegara Asean seperti lulusan STP Bandung ini," ujar Arief saat mewisuda 550 mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung di DOME Malabar STP NHI Bandung, Senin (8/10).

Arief mengatakan, untuk mengolah SDM pariwisata, dibutuhkan sekolah seperti STP Bandung. Karena industri pariwisata makin butuh tenaga SDM yang profesional.