Sabtu 11 May 2019 09:46 WIB

IPB Kebut Publikasi Ilmiah di Jurnal Internasional

Tujuannya meningkatkan jumlah publikasi IPB di jurnal bereputasi internasional.

Red: Irwan Kelana
IPB menggelar pelatihan untuk mendongkrak publikasi di jurnal internasional.
Foto: Dok IPB
IPB menggelar pelatihan untuk mendongkrak publikasi di jurnal internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Direktorat Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Batch 5 Untuk Bidang Sosial dan Ekonomi” di Ruang Kuliah Mawar Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat, 29-30 April 2019.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan jumlah publikasi IPB di jurnal bereputasi internasional. Saat ini, IPB terus mengebut agar jumlah publikasi di jurnal internasional maupun nasional dari IPB meningkat,” kata Direktur Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis IPB, Dr  rer  agr Eva Anggraeni melalui rilis yang diterima Republika.co.id.

Kasubdit Publikasi Ilmiah, Dr  Mohamad Rafi berharap agar setelah pelatihan ini para peserta memperoleh ilmu dan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai seluk-beluk menulis artikel ilmiah terutama di bidang sosial dan ekonomi.

“Banyak kendala yang dihadapi dalam proses penulisan,  salah satunya yaitu bahasa. Jika ingin artikel terpublikasi di jurnal internasional bereputasi, maka   artikel yang ditulis harus berbahasa Inggris. Oleh karena itu terdapat program-program di Dots per inch (DPIS) terkait pengecekan bahasa untuk tulisan dari sivitas IPB,” kata Dr  Rafi.