Rabu 27 Nov 2019 01:33 WIB

Tim PMW UNS Raih Juara di Ekspo KMI Award 2019

UNS kirim 5 delegasi mahasiswa wirausaha peserta Program Mahasiswa Wirausaha UNS

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani
Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa.
Foto: Republika/ Wihdan
Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Tim Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil merebut juara 2 Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) yang di selenggarakan di kampus Politeknik Negeri Batam pada 22–25 November 2019.

Dalam menumbuhkembangkan semangat Kewirausahaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kemenristekdikti menyelenggarakan Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) yang diikti 104 perguruan tinggi se-Indonesia.

Kepala Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKwu) LPPM UNS, Susantiningrum, mengatakan, UNS mengirimkan lima delegasi mahasiswa wirausaha peserta Program Mahasiswa Wirausaha UNS yakni Friska Amanda, Muhamad Ramdani, Aditya Kharisma, Winarti, dan Adib Safiudin. Mereka bersaing dalam KMI Award yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam Ekspo KMI 2019.

Susantiningrum, menambahkan, KMI Award merupakan ajang kompetisi dan apresiasi kepada mahasiswa yang telah berwirausaha di perguruan tinggi. Lomba tersebut berdasarkan pada konsep "Real Bussiness Competition", sehingga fokus pada penilaian keunggulan kinerja dan profesionalisme dari wirausaha yang dijalankan.

Terdapat lima kategori wirausaha yang diperlombakan, meliputi industri makanan dan minuman, industri jasa dan perdagangan, industri teknologi, industri kreatif, industri produksi/budidaya.

"Pada kesempatan ini, Universitas Sebelas Maret kembali berhasil mendapatkan medali dalam KMI Award yaitu Juara 2 pada katagori industri kreatif yang diwakilkan oleh Winarti mahasiwa Fakultas Seni Rupa dan Desain dengan nama usaha 'Aira Plastic Caligraphy'," ungkap Susantiningrum.

Sebelumnya Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) pada Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) 2018, UNS telah berhasil menjadi juara harapan 1 yang diwakilkan oleh Peserta Program Mahasiswa Wirausaha atas nama Sugeng Sulistiyawan, Saryo dan Asma' Nurul Fauziah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement