Selasa 23 Oct 2012 18:47 WIB

Kalimat Orang Tua yang Bikin Anak Mual

Red: M Irwan Ariefyanto
Orangtua asyik main internet (ilustrasi)
Foto: orangtua.org
Orangtua asyik main internet (ilustrasi)

EPUBLIKA.CO.ID,“Ibu hanya ingin yang terbaik untukmu..” berlinang airmata ibu menjelaskan pada Rosyid yang bersikeras ingin pergi dari rumah. “Ayah cuma ingin, kamu, masa depan kamu lebih baik dari ayah..” ayah menelan rasa sakit hatinya mendengar ungkapan Rosyid yang tidak mau lagi mengikuti perintah ayah. Sudah merasa bosan menjadi anak ayah, Rosyid ingin berdiri diatas kaki sendiri, memilih bidang yang Rosyid sukai yaitu Art.

Rosyid ingin melukis sepanjang hari tanpa ada yang mengganggu, tanpa harus mengahafal ini itu, teori-teori yang sangat banyak dengan hitungan yang menjelimet. “Sudah jaman digital begini, kalkulator diciptakan untuk mempermudah, namun mengapa kita malah harus belajar tanpa menggunakan kalkulator, bukankah bisnisman jaman sekarang menghitung dengan kalkulator.. belum pernah tuh Rosyid lihat, walau dalam sinetron sekalipun, seorang pengusaha menghitung keuangannya dengan bantuan kertas buram dan bolpen serta tip ex..” heran Rosyid.

Sekolah bikin pusing, sudah begitu, susah pula cari uang. Rosyid tidak bahagia bersekolah di tempat kuliah yang ayah minta, memang akhirnya karena Rosyid juga pas-pasan otaknya, pas ujian lulus, itu saja.

Akhirnya ayah ibu sepakat menyekolahkan Rosyid di universitas swasta dengan bidang ekonomi. Hitungannya memang sedikit, namun ditingkat satu sudah belajar matrix dan susahnya minta ampun, banyak sekali angka satu dan nol yang berjejer-jejer, bersilang silang, rasanya Rosyid yakin, yang bikin matrix itu mungkin orang yang kurang kerjaan atau tidak bahagia atau ditinggal lari istrinya sehingga dia bingung mau ngapain sehingga terciptalah theory matrix yang menyebalkan.