Senin 11 Feb 2013 13:17 WIB

Hadapi UN, Siswa Jayapura Dapat Tambahan Jam Belajar

Ujian Nasional tingkat SMA
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Ujian Nasional tingkat SMA

REPUBLIKA.CO.ID,JAYAPURA--Siswa di Kota Jayapura diberikan bimbingan tambahan belajar menjelang ujian nasional yang akan berlangsung mulai pertengahan April 2013.

"Pihak sekolah telah mempersiapkan siswa untuk menghadapi UN dengan diberikan tambahan belajar, pembekalan soal-soal, dan pekan ini akan dilakukan uji coba (try out)," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura Robert J Betaubun, di Jayapura, Senin.

Dia menejelaskan, persiapan ini dilakukan terkait penambahan soal sebanyak 20 paket pada UN 2013.

"Materi uji coba yang diberikan adalah hasil analisa standar kelulusan kemudian dibuat soal dan diprediksi sebagai soal ujian nasional. Proses ini dibuat oleh Kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KMGMTP)," ujarnya.

Robert mengatakan, setelah uji coba akan dilakukan evaluasi, apabila masih tidak sesuai target akan diberikan pengayaan dan peningkatan pembekalan soal-soal, selanjutnya dilaksanakan lagi uji coba.

"Saya berharap dalam pelaksanaan UN nanti siswa berlaku jujur dan terus mempersiapkan diri agar mendapatkan hasil yang diharapkan," ujarnya.

Pelaksanaan UN 2013 mengalami perubahan, kalau soal tahun lalu 5 paket, pada 2013 sebanyak 20 paket, dengan tingkat kesulitan 10 persen mudah, 70 persen sedang, dan 20 persen sulit.

Pelaksanaan UN utama tingkat SMA dan MA pada 15 April-18 April dan ujian susulan 22-25 April. Sedangkan UN utama SMP dan MTs 22-25 April dan susulan 29 April-2 Mei 2013 serta UN utama SD/MI 6-8 Mei dan susulan 13-15 Mei 2013.

"Sebagai barometer pendidikan di Provinsi Papua, kita tetap menargetkan kelulusan seperti tahun lalu, dan tentunya berharap ada peningkatan," katanya.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement