Kamis 02 May 2013 22:12 WIB

Ada Indikasi Korupsi dalam Pelaksaan UN 2013?

Rep: Fenny Melisa/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Ujian Nasional (UN) tingkat SMP.   (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Ujian Nasional (UN) tingkat SMP. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Investigasi soal tender pelaksanaan dan penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) masih berlangsung. Bukan hanya BPK, dua lembaga penegak hukum, Bareskrim Polri, dan KPK juga dilibatkan dalam proses investigasi.

 

"Sudah koordinasi dengan banyak pihak. Karena ini masalah tender, dugaannya berat, korupsi," ujar Inspektur Jenderal (Irjen) Kemdikbud yang juga  Ketua Tim Investigasi Kemendikbud Haryono Umar usai menghadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kemdikbud Jakarta Kamis (2/5).

Menurut Haryono, tim investigasi menemukan beberapa hal, diantaranya indikasi korupsi dalam tender pencetakan soal Ujian Nasional (UN) 2013.

ndikasi laporan-laporan korupsi tersebut beserta fakta keterlambatan UN sudah diserahkan pada Mendikbud  Mohammad Nuh. Hasil laporan tersebut akan diberikan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebelum dibuka ke publik.

Laporan tersebut, Haryono mengatakan, berisi fakta-fakta permasalahan penyelenggaraan UN tahun ini, mulai dari percetakan hingga keterlambatan distribusi soal. Fakta tersebut baik yang sudah diketahui media maupun yang belum diketahui media.

Pada saat penyusunan laporan itulah Haryono melihat ada kejanggalan dalam proses tender pencetakan soal UN. Dia kemudian meminta klarifikasi pada pelaksana tender, namun tidak mendapat jawaban.

"Saya minta klarifikasi resmi ke litbang, tapi tidak dijawab. Makanya saya turunkan tim untuk investigasi itu, untuk memperjelas," kata dia.

Hingga saat ini, laporan investigasi soal tender masih dalam proses. Hanya saja, Haryono enggan menyebut oknum-oknum yang terindikasi terlibat dalam dugaan korupsi ini.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَاَنْزَلَ لَكُمْ مِّنَ الْاَنْعَامِ ثَمٰنِيَةَ اَزْوَاجٍ ۗ يَخْلُقُكُمْ فِيْ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْ خَلْقًا مِّنْۢ بَعْدِ خَلْقٍ فِيْ ظُلُمٰتٍ ثَلٰثٍۗ ذٰلِكُمُ اللّٰهُ رَبُّكُمْ لَهُ الْمُلْكُۗ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ فَاَنّٰى تُصْرَفُوْنَ
Dia menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam) kemudian darinya Dia jadikan pasangannya dan Dia menurunkan delapan pasang hewan ternak untukmu. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang memiliki kerajaan. Tidak ada tuhan selain Dia; maka mengapa kamu dapat dipalingkan?

(QS. Az-Zumar ayat 6)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement