Kamis 30 May 2013 19:38 WIB

Universitas Surya: 300 Beasiswa Bagi Lulusan Tak Mampu Asal DIY

Rep: reni ridanrineni/ Red: Taufik Rachman
Pendiri APhO dan pelatih tim olimpiade Indonesia, Yohanes Surya bersama anak didiknya dari daerah
Foto: Republika/Amin
Pendiri APhO dan pelatih tim olimpiade Indonesia, Yohanes Surya bersama anak didiknya dari daerah

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Universitas Surya Tangerang menawarkan sebanyak 300 siswa bagi lulusan SLTA baik SMA/SMK jurusan IPA/IPS dari keluarga tidak mampu.

''Mereka akan mendapatkan beasiswa penuh dari Universitas Surya, termasuk penginapannya kami sediakan gratis,''kata kata Pendiri Universitas Surya Yohannes Surya pada wartawan usai melakukan audiensi dengan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan Yogyakarta, Kamis (30/5).

Menurut Profesor di bidang fisika ini, penyeleksian siswa yang akan mendapatkan beasiswa  dilakukan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY, tetapi diutamakan pelajar berprestasi yang tidak mampu. Supaya mereka mendapatkan kesempatan belajar dari doktor-doktor yang ada di Universitas Surya. Ada sebanyak 200 doktor yang akan membimbing para penerima beasiswa di Univeristas Surya.

''Beasiswa tersebut baru diberikan tahun ini. Tetapi kami berharap akan berlanjut untuk tahun depan  Beasiswa yang diberikan untuk melanjutkan S1 di berbagai jurusan seperti  ekonomi, wirausaha, energi, pertanian.

''Kami memberikan beasiswa bagi pelajar di DIY ini merupakan prioritas karena saya dekat Yogyakarta dan anak-anak Yogya itu pintar-pintar. Saya dengar laporan dari 300 siswa yang ikut lomba riset sebanyak 200 siswa diantaranya berasal dari Yogyakarta. Sebenarnya saya ingin sekali mengambil anak-anak yang hebat-hebat ini,''kata dia menegaskan.

Penerima beasiswa universitas SUrya se Indonesia sekitar 1500 siswa dan 300 siswa (20 persen)  diantaranya dari DIY. ''Ini kesempatan yang luar biasa bagi siswa tidak mampu dari DIY. Kebetulan Ngarso Dalem (red. Sultan Hamengku Buwono X mau bekerjasama dengan Universitas Surya untuk anak tidak mampu yang ada di DIY,''tuturnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement