Senin 03 Jun 2013 23:43 WIB

Kelulusan UN SMP di Kota Tangerang 100 Persen

Rep: Nurhamidah/ Red: Djibril Muhammad
 Siswa meluapkan kegembiraannya saat pengumuman kelulusan UN tingkat SMA di SMA Negeri 37 Jakarta, Jumat (24/5).  (Republika/Prayogi)
Siswa meluapkan kegembiraannya saat pengumuman kelulusan UN tingkat SMA di SMA Negeri 37 Jakarta, Jumat (24/5). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Pendidikan Kota Tangerang menyampaikan hasil Ujian Nasional (UN) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) lulus 100 persen.

Dari jumlah 20.029 siswa tidak ada satu pun yang tidak lulus UN. Hasil tersebut menunjukkan peningkatan 0,01 persen tingkat kelulusan pada tahun 2012 yaitu 99,99 persen.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Tabrani mengatakan untuk Ujian Nasional (UN) setingkat SMP ini merupakan pertama kalinya tingkat kelulusan mencapai 100 persen. "Tahun ini kelulusan 100 persen ada peningkatan 0,01 persen dari tahun lalu yang hanya 99,99 persen," paparnya kepada Republika, Senin (3/6).

Adapun jumlah peserta UN SMP pada tahun ini diikuti 20.029 siswa yang terdiri dari 175 sekolah. Tabrani menambahkan hasil tersebut membuktikan adanya korelasi antara pelaksanaan saat ujian dengan hasil ujian yang diperoleh.

Menurut dia, saat pelaksanaan UN SMP jauh lebih baik dari SMA sehingga hasilnya pun lebih bagus pula. Pengumuman kelulusan pada Sabtu (1/6) telah disampaikan kepada seluruh siswa peserta UN.

Ia menambahkan dengan hasil kelulusan 100 persen tersebut maka diharapkan semua siswa juga diimbangin dengan kemampuan akademis yang baik pula. Selain itu, diharapkan siswa yang lulus dapat meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

"Tidak hanya hasil ujiannya yang bagus, semoga para siswa juga pintar-pintar dan terus mempertahankan prestasi ini," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement