Selasa 04 Jun 2013 16:13 WIB

Pemkot Dumai Salurkan Rp 2,2 Miliar

Red: Taufik Rachman
Beasiswa (ilustrasi)
Foto: yeppopo.wordpress.com
Beasiswa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,DUMAI--Pemerintah Kota Dumai, Riau melalui Bagian Kesra tahun ini berencana membantu biaya pendidikan bagi mahasiswa yang berkuliah aktif ke sebanyak 894 orang dengan anggaran total mencapai sekitar Rp 2,2 miliar.

Kepala Bagian Kesra Setdako Dumai, Faisal di Dumai, Selasa mengatakan, bantuan biaya pendidikan ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang aktif dan minimal berada pada semester IV keatas dan berasal dari kalangan keluarga kurang mampu sebanyak 781 orang.

Selain itu, beasiswa yang bersumber dari APBD murni 2013 ini disalurkan juga kepada mahasiswa yang tengah menyusun tesis tugas akhir sebanyak 113 orang.

Mahasiswa yang berhak menerima beasiswa ini, lanjut Faisal, merupakan mereka yang berkuliah dimulai dari Diploma Tiga (DIII), Strata 1, Strata 2 dan Strata 3 serta dalam masa penyusunan tesis tugas akhir.

"Insya Allah dalam waktu dekat sudah bisa disalurkan langsung ke rekening masing-masing penerima oleh bagian keuangan, dan kita sudah menyelesaikan seluruh proses administrasinya," kata Faisal.

Dia menjelaskan, program bantuan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa ini berdasarkan Peraturan Walikota (Perwako) nomor 179 tahun 2013 tentang Mahasiswa dan Mahasiswi penerima bantuan biaya pendidikan dari Pemkot Dumai.

Untuk nominal bantuan, menurut Faisal, dibedakan berdasarkan tingkat pendidikan dan keberadaan perguruan tinggi mahasiswa penerima, dengan variasi dimulai dari 1,5 juta untuk DIII hingga mencapai Rp 15 juta bagi yang berkuliah Strata 3 di Luar Negeri.

Bantuan dana pendidikan yang diberikan tersebut, tambah Paisal harus bersifat transparan, akuntabel, serta dapat dipertanggungjawabkan, baik dalam penyaluran maupun penggunaannya.

"Program ini dalam rangka mendukung visi misi daerah dalam bidang pendidikan untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal, berdaya saing, cerdas dn inovatif serta kreatif. Kita berharap dengan bantuan biaya ini dapat memudahkan dana dan mendukung kegiatan perkuliahan para mahasiswa penerima," harap Paisal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement