Rabu 26 Feb 2014 06:00 WIB

1.000 Mahasiswa Program Bidikmisi akan Ikuti Silaturahmi Nasional

Red: Maman Sudiaman
Beasiswa Bidik Misi
Beasiswa Bidik Misi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 1.000 mahasiswa program Bidikmisi dari berbagai perguruan tinggi nnegeri maupun swasta akan mengikuti kegiatan silaturahmi nasional. Acara yang digagas Kemendiknas ini sedianya akan digelar dalam waktu dekat dan mendengarkan amanat Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono serta beramahtamah dengan Mendiknas, M Nuh serta jajarannya.

Dalam siaran persnya yang diterima ROL, Rabu (26/2) tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan kemandirian mahasiswa penerima Bidikmisi. Selain itu, memupuk kebersamaan di antara mahasiswa penerima Bidikmisi, membangun jejaring komunikasi dan koordinasi dalam kegiatan mahasiswa yang berorientasi pada peningkatan cinta Indonesia dan mengapresiasi keberhasilan program Bidikmisi.

"Agenda kegiatan ini adalah untuk membuka wawasan melaui seminar dengan tema”Inovasi, Kepemimpinan dan kewirausahaan untuk membentuk karakter bangsa yang mandiri,” demikian siaran pers dari Kemendiknas.

Kementrian Pendidikan Nasional mencatat, setiap tahun sekitar 95 ribu lulusan SMA dan sederajat yang berprestasi tidak dapat melanjutkan pendidikan karena alasan ekonomi. Padahal berbagai program beasiswa dan atau bantuan biaya pendidikan telah digulirkan baik oleh pemerintah maupun masyarakat.