Kamis 06 Mar 2014 09:20 WIB

Belanda Rajin Beri Beasiswa Sejarah ke Indonesia, Mengapa?

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Fernan Rahadi
Beasiswa (ilustrasi)
Beasiswa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belanda adalah salah satu negara yang rajin memberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia, khususnya di bidang sejarah. Ketua Jurusan Program Studi Sejarah Universitas Gadjah Mada (UGM) Sri Margana mengatakan minat mahasiswa Eropa untuk belajar sejarah Indonesia mulai berkurang sejak empat tahun terakhir.

Akibatnya, beberapa kampus di Belanda menutup program Studi Sejarah Indonesia lantaran sepi peminat. Padahal, di Belanda, banyak sekali guru besar di bidang sejarah Indonesia. Alhasil, berkurangnya minat mahasiswa Belanda yang mempelajari sejarah Indonesia justru menjadi masalah.

"Jumlah mahasiswa disana melorot, maka mereka kasih beasiswa ke mahasiswa Indonesia. Kalau tidak ada mahasiswa nanti kampusnya ditutup," katanya saat dihubungi.

Belanda memang memiliki konsenstrasi yang sangat besar di bidang sejarah. Dokumentasi sejarah Indonesia juga banyak disimpan disana. Baru-baru ini, Rektor Universitas Leiden di Belanda melakukan  lawatan ke Indonesia untuk melakukan berbagai kerj asama di bidang Ilmu Sejarah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement