Rabu 26 Mar 2014 17:42 WIB

Bali Tuan Rumah Olimpiade Biologi Internasional

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Yudha Manggala P Putra
Bali.Ilustrasi
Foto: Antara/ Nyoman budiana.
Bali.Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Bali akan menjadi tuan rumah Olimpiade Biologi Internasional berlangsung Juli mendatang. Direktur Jenderal Pendidikan Menengah RI, Achmad Jazidie mengatakan, dengan kepercayaan yang diberikan, para siswa di Bali bisa lebih meningkatkan prestasi belajarnya.

Hal itu dikemukakan Achmad di Denpasar, Rabu (26/3), saat beraudensi dengan Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Dikatakannya, mata pelajaran biologi saat ini menjadi yang utama dari mata pelajaran IPA, sehingga olimpiade mendatang menjadi event yang cukup bergengsi. "Kami berharap penyelenggaraan olimpiade ini bisa memacu semangat para siswa di Bali untuk memacu kemampuannya di bidang IPA khususnya mata pelajaran biologi," kata Achmad.

Olimpiade Biologi Internasional akan dilaksanakan 6-13 juli mendatang, diikuti utusan 65 negara, dengan total peserta 250 orang. Setiap negara kata Achmad, ada yang menyertakan empat orang peserta terbaiknya, termasuk utusan Indonesia yang juga dipercaya sebagai tuan rumah.

Sementara itu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika pada kesempatan itu sangat mengapresiasi pelaksanaan International Biology Olympiade ( IBO ) yang akan dilaksanakan di Bali.

Dia berharap kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun, mampu melahirkan putra putri unggul yang bermutu dalam bidang ilmu pengetahuan alam, khususnya yang menyangkut tentang keilmuan biologi. "Khususnya para pelajar Bali, agar bisa dan mampu bersaing di forum-forum internasional,” ujarnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْـَٔلُوْنَكَ مَاذَآ اُحِلَّ لَهُمْۗ قُلْ اُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبٰتُۙ وَمَا عَلَّمْتُمْ مِّنَ الْجَوَارِحِ مُكَلِّبِيْنَ تُعَلِّمُوْنَهُنَّ مِمَّا عَلَّمَكُمُ اللّٰهُ فَكُلُوْا مِمَّآ اَمْسَكْنَ عَلَيْكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلَيْهِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ سَرِيْعُ الْحِسَابِ
Mereka bertanya kepadamu (Muhammad), “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?” Katakanlah, ”Yang dihalalkan bagimu (adalah makanan) yang baik-baik dan (buruan yang ditangkap) oleh binatang pemburu yang telah kamu latih untuk berburu, yang kamu latih menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu. Maka makanlah apa yang ditangkapnya untukmu, dan sebutlah nama Allah (waktu melepasnya). Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya.”

(QS. Al-Ma'idah ayat 4)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement