Jumat 23 Jan 2015 09:09 WIB

Wow, Syarat Naik Kelas di Purwakarta Siswa Harus Beternak

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Esthi Maharani
Siswa Sekolah Dasar
Foto: Antara/R. Rekotomo
Siswa Sekolah Dasar

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pemkab Purwakarta, Jawa Barat, wajibkan siswa untuk terlibat langsung dalam peternakan dan pertanian. Bahkan, salah satu syarat naik kelas, siswa harus memiliki hewan ternak sendiri.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mengatakan, selama ini sudah ada syarat lain untuk kenaikan kelas yakni, siswa yang naik kelas harus membawa pohon, untuk ditanam di lingkungan sekolah atau rumahnya.

"Tapi, sekarang ada syarat tambahan, yaitu memelihara hewan ternak," ujar Dedi, kepada Republika, Jumat (23/1).

Hewan yang dipelihara, boleh jenis apa saja. Asalkan, yang memiliki nilai ekonomis. Seperti, ayam, bebek, kambing atau kerbau. Kalau bagi siswa tidak mampu, maka dianjurkan untuk memelihara ayam. Selain harganya murah, namun harga jualnya cukup tinggi.

Aturan ini, lanjut Dedi, akan ditindaklanjuti dengan payung hukum yang resmi. Pihaknya akan segera keluarkan, peraturan bupati (Perbup) soal hewan ternak bagi pelajar ini.

Tujuan digulirkannya aturan ini, guna meminimalisasi kegiatan pelajar dari hal-hal negatif. Mengingat, saat ini banyak anak muda yang cenderung menyukai kegiatan negatif. Seperti, bersepada motor, main game online.

"Kegiatan negatif itu harus diubah menjadi kegiatan positif dan punya nilai ekonomis. Salah satunya, beternak atau membantu orang tua bertani," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement