Rabu 25 Mar 2015 18:40 WIB

Bangunan Pasar Karangampel Direncanakan Jadi Sekolah

Rep: Lilis Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
bangunan sekolah (ilustrasi)
Foto: Antara
bangunan sekolah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Relokasi para pedagang pasar Karangampel ke bangunan baru telah dilakukan Pemkab Indramayu pada pertengahan Maret lalu. Rencananya, bangunan pasar lama yang kini ditinggal pedagang akan diubah menjadi sekolah.

"Sebelumnya telah ada rapat koordinasi dengan unsur muspida-muspika. Dalam rapat tersebut, (terungkap) rencana pengalihfungsian bangunan pasar menjadi sekolah," kata Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Karangampel, Risyad Nurdin, Rabu (25/3). 

Risyad mengungkapkan, selama ini Kecamatan Karangampel tidak memiliki sekolah untuk jenjang SMA. Karena itu, bangunan pasar Karangampel lama akan diubah fungsinya menjadi bangunan SMA. 

Risyad mengakui, sempat ada isu di kalangan warga bahwa bangunan pasar Karangampel lama akan diubah menjadi mall pascarelokasi pedagang ke lokasi baru. Namun, dia menyatakan isu itu tak benar karena tahun lalu muncul surat edaran dari bupati yang menyebutkan bahwa lokasi pasar lama tidak akan diubah menjadi mall. 

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Indramayu, Maman Kostaman mengatakan, ada rencana pasar lama akan diubah menjadi sekolah. Namun, dia menambahkan, sekolah yang akan didirikan di bekas bangunan pasar lama itu merupakan sekolah menengah pertama (SMP).

"Sekarang baru ada tiga buah SMP negeri di Kecamatan Karangampel. Kalau jadi (bangunan pasar lama diubah jadi SMP), berarti nanti ada empat SMP negeri di kecamatan ini," terang Maman.

Sementara itu, bangunan pasar Karangampel lama yang terletak di sisi jalan penghubung Indramayu – Cirebon kini sudah ditinggalkan oleh pedagang pascarelokasi. Meski sempat mengalami penundaan akibat sejumlah masalah, namun para pedagang kini telah pindah ke bangunan pasar baru di Jalan Dampuawang, Kecamatan Karangampel.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement