Rabu 08 Apr 2015 17:02 WIB

Kepsek Makassar Bakal Dilelang

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Dwi Murdaningsih
lelang jabatan Camat dan Lurah
Foto: Antara
lelang jabatan Camat dan Lurah

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Setelah melakukan lelang jabatan di jajaran satuan kerja perangkat daerah mulai dari esselon II hingga esselon IV, pemerintah kota (Pemkot) Makassar kembali akan melakukan lelang jabatan. Tak tanggung-tanggung, jabatan kepala sekolah akan menjadi kursi berikutnya yang dilelang.

Walikota Makassar Moh. Ramdhan (Danny) Pomanto mengatakan, lelang kepala sekolah ini dilakukan untuk mencari orang-orang yang memiliki potensi dalam memajukan pendidikan di kota Makassar. Pencarian kepala sekolah ini diharap akan mampu membangkitkan kinerja pendidikan Makassar.

"Sekarang kan masih banyak pegawai yang memiliki kompetensi untuk duduk menjadi kepala sekolah. Namun mereka terhambat karena prosedur. Untuk itu kita lakukan lelang sehingga potensi mereka bisa terlihat dan dimaksimalkan," ujar Danny, Rabu (8/4).

Dia menuturkan, dengan adanya lelang kepsek ini, bukan berarti kualitas pendidikan di Makassar tidak baik.  Namun dalam membuat pendidikan terus bergairah kita harus terus berinovasi dan mencari sosok yang mampu membuat siswa-siswi semakin giat mengembagkan ilmunya.

Rencananya lelang ini akan dilakukan setelah semua ujian nasional selesai diselenggarakan. Namun bukan berarti akan langsung dilakukan lelang. Pemkot Makassar terlebih dahulu akan membuat tim panitia penyelengaara (Panel). Tim ini akan melakukan penilaian mulai dari latar belakang mereka hingga track record calon Kepsek sendiri. Usulan dari dinas pendidikan dan kebudayaan Makassar sendiri akan menjadi salah satu penilaian.

Jika sesuai rencanan, maka akan ada 442 kursi kepala sekolah yang dilelang mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Sementara, khusus untuk sekolah yang ada di kepulauan, kepala sekolah akan diambil dari daerah setempat agar akses kepala sekolah tersebut lebih mudah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement