Selasa 28 Jul 2015 20:10 WIB

Marching Band Banten Unjuk Gigi di Amerika

Rep: Hilman Fauzi/ Red: Dwi Murdaningsih
 Marching Band anak-anak Sekolah Dasar memeriahkan pembukaan Hari Anak Jakarta Membaca di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu (29/10).   (Republika/Tahta Aidilla)
Marching Band anak-anak Sekolah Dasar memeriahkan pembukaan Hari Anak Jakarta Membaca di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu (29/10). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG – Plt Gubernur Rano Karno melepas keberangkatan Klub Marching Band Gita Surosowan Banten (GSB) yang akan mewakili Indonesia dalam ajang Drum Corp Internasional (DCI) yang diselenggarakan di Amerika.

Rano berharap GSB mampu mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan mengibarkan bendera Merah Putih di negara Paman Sam. “Sudah saat nya Banten masuk ke dunia (Internasional), bukan hanya jago kandang saja,” kata Rano saat melepas keberangkatan GSB di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, Banten, Selasa (28/7).

Rano optimis GSB mampu mendapatkan piala di Amerika. Apa lagi, GSB akan memainkan perpaduan musik modern dan musik tradisional seperti gamelan, gendang, hingga seruling Saluang Padang yang suaranya melengking.

“Target harus mendapatkan piala. GSB itu marching band yang tidak disukai oleh kelompok lain, karena kita punya ciri khas. GSB main dengan musik pentatonis. Kita punya seruling saluang padang. Kita pakai tema Surosowan," terangnya.

MBGS sendiri akan membawa personil sebanyak 178 orang. Dimana, 130 orang merupakan atlet dan 48 official marching band. Keberangkatan sendiri akan dibagi menjadi dua kloter penerbanga dan akan menempuh perjalanan selama 26 jam dari bandara Soekarno-Hatta menuju Chicago, Amerika Serikat.

“Lucas Oil Stadium itu tempat yang sangat spesifik. Kalau ada orang film (produser/sutradara) nonton, nanti mereka akan dapat inspirasi dari musik pentatonik yang dibawakan oleh anak-anak GSB,” jelasnya.

Para anggota GSB ini semuanya masih duduk di sekolah SMA sederajat telah berlatih selama satu tahun lamanya negara China-Taipe, Amerika (25 tim), Belanda. GSB akan bertanding pada tanggal 3, 4, 6, 7 dan 8 Agustus 2015 dan bari pulang ke Indonesia pada tanggal 12 Agustus, dan menghabiskan dana Rp 6 miliar.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement