REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan USAID Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia Teacher, Adiministrator and Student (USAID PRIORITAS) mengajak guru dan dosen dalam kolaborasi penelitian.
Salah satu peneliti guru dan dosen mengungkapkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Mata Pelajaran Matematika (Mapel MTK). Penelitian mereka berjudul “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa”. Kegiatan ini dilakukan di MTS Negeri 2 Kota Bandung, Jawa Barat pada kelas VII.
Guru MTK MTSN 2 Kota Bandung, Ida Weti menerangkan, penelitian dilandasi karena banyak siswa yang memiliki nilai rendah pada MTK. Menurut dia, kebanyakan mereka kesulitan jika menghadapi soal cerita.
“Ini berdasarkan temuan pada workshop yang pernah diungkap di Yogyakarta,” jelas Ida kepada wartawan di sela-sela Konferensi Nasional Hasil Penelitian Guru dan Dosen di Jakarta, Selasa (8/9).