Senin 28 Sep 2015 22:27 WIB

Kemendikbud : Jangan Rendah Diri Karena Berbahasa Indonesia

Red: Taufik Rachman
Guru Besar Universitas Airlangga Kacung Marijan
Guru Besar Universitas Airlangga Kacung Marijan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Prof Kacung Marijan mengingatkan masyarakat Indonesia tidak perlu rendah diri dengan bahasa yang dimilikinya, yakni Bahasa Indonesia.

"Masyarakat Indonesia tidak perlu terlalu rendah diri dengan Bahasa Indonesia, bahkan untuk mengukuhkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional, perlu melakukan upaya diplomasi dan tetap digunakan seperti bahasa internasional lainnya. Tidak perlu rendah diri," kata Kacung Marijan dalam seminar internasional "Memperkokoh Bahasa Indonesia sebagai bahasa Internasional melalui Diplomasi Bahasa, Sastra dan Budaya" di Universitas Islam Malang (Unisma), Malang, Jawa Timur, Senin.

Menurut dia, Bahasa Indonesia telah lama dikenal dunia internasional, yakni sejak abad ke-15. Bukan hanya sepagai bahasa lingual, tetapi sebagai bahasa etnik, nasional dan sudah menjadi bahasa internasional. Sebagian negara-negara di dunia, sudah memakai Bahasa Indonesia sebagai bentuk pembelajaran, seperti di Tiongkok, Jepang, Amerika, Belanda, dan Australia.

Bahkan, lanjutnya, di Austalia sejak tahun 1960 sudah ada pendidikan Bahasa Indonesia dan masuk dalam pembelajaran. Dan, untuk menduniakan Bahasa Indonesia dan mengenalkannya pada dunia secara luas, Bahasa Indonesia harus digunakan sebagai diplomasi dalam segala bentuk komunikasi dengan masyarakat manca negara.