Senin 26 Oct 2015 18:34 WIB

Sekolah Bandung Terbuka Terima Murid Berkebutuhan Khusus

Rep: c01/ Red: Dwi Murdaningsih
Wali Kota Bandung H Ridwan Kamil.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Wali Kota Bandung H Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung mendeklarasikan sebagai Kota Pendidikan Inklusif Senin (26/10). Sebagai Kota Pendidikan Inklusif, Pemerintah Kota Bandung menjamin seluruh sekolah akan terbuka dan menerima murid berkebutuhan khusus.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan mengatakan pemerataan pendidikan bagi semua murid dengan berbagai latar belakang ini sebagai wujud dari upaya Pemerintah Kota Bandung dalam memperjuangkan pendidikan bagi semua anak.

Ridwan meyakini setiap anak yang lahir memiliki perbedaan dan keunikannya masing-masing. Oleh karena itu, Ridwan tidak ingin ada anak yang memiliki perbedaan dan keunikan yang tidak sesuai "standar" pada umumnya, tersisih dari dunia pendidikan karena terhalang keterbatasan sistem.

"Jangan sampai karena perbedaan dan keunikan yang tidak standar, (anak) didiskriminasi oleh pendidikan yang tidak memungkinkan," ujar dia.

Ridwan mengatakan, sistem pendidikan inklusif akan mendorong tercapainya cita-cita Pemerintah Kota Bandung bahwa tidak ada anak yang tidak sekolah di Kota Bandung. Oleh karena itu, Ridwan mengatakan inklusif di sini tidak terbatas pada penerimaan sekolah terhadap anak berkebutuhan khusus saja. Pendidikan inklusif di Kota Bandung, lanjut Ridwan, juga mencakup penerimaan sekolah terhadap anak-anak jalanan dan anak-anak yang terputus hak untuk sekolahnya karena keterbatasan ekonomi keluarga.

Apakah Anda orang yang pandai berbicara

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَ رَجُلٌ مُّؤْمِنٌۖ مِّنْ اٰلِ فِرْعَوْنَ يَكْتُمُ اِيْمَانَهٗٓ اَتَقْتُلُوْنَ رَجُلًا اَنْ يَّقُوْلَ رَبِّيَ اللّٰهُ وَقَدْ جَاۤءَكُمْ بِالْبَيِّنٰتِ مِنْ رَّبِّكُمْ ۗوَاِنْ يَّكُ كَاذِبًا فَعَلَيْهِ كَذِبُهٗ ۚوَاِنْ يَّكُ صَادِقًا يُّصِبْكُمْ بَعْضُ الَّذِيْ يَعِدُكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِيْ مَنْ هُوَ مُسْرِفٌ كَذَّابٌ
Dan seseorang yang beriman di antara keluarga Fir‘aun yang menyembunyikan imannya berkata, “Apakah kamu akan membunuh seseorang karena dia berkata, “Tuhanku adalah Allah,” padahal sungguh, dia telah datang kepadamu dengan membawa bukti-bukti yang nyata dari Tuhanmu. Dan jika dia seorang pendusta maka dialah yang akan menanggung (dosa) dustanya itu; dan jika dia seorang yang benar, nis-caya sebagian (bencana) yang diancamkannya kepadamu akan menimpamu. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang yang melampaui batas dan pendusta.

(QS. Gafir ayat 28)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement