Jumat 06 Nov 2015 06:19 WIB

Kemah Ukhuwah Pramuka Diisi Pemateri Robotika

Red: Erik Purnama Putra
 Pramuka Penggalang mengikuti perkemahan yang bertajuk
Foto: dok pri
Pramuka Penggalang mengikuti perkemahan yang bertajuk "6th Private Islamic School Jamboree" di Thailand Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sebagai rangkaian kegiatan kemah ukhuwah nasional 3 pramuka sekolah islam terpadu (SIT) di Coban Rondo, Batu, para peserta berkesempatan menerima materi Robotika pada kamis (5/11). Pemateri Robotika yang berasal dari Komunitas Kampung Robot (Kokaro) Arief A. Yudanarko.

Arief menjelaskan, saat ini robot sudah menjadi sahabat manusia untuk beberapa bidang kegiatan dalam kehidupan sehari hari ditengah kemajuan dan perkembangan tehnologi yang semakin canggih.

Dalam kegiatan tersebut, peserta diajak belajar, mengenal dan mempraktikkan aplikasi robot minimalis dan hasil karya peserta kemnas tersebut diharapkan mampu menjadi pemicu semangat kreativitas para pramuka penggalang pada masa mendatang.

Ada hal yang menarik dalam kemah ukhuwah nasional 3 pramuka SIT tersebut. Sejumlah 318 pramuka malaysia ikut serta dalam kegiatan yang dilaksanakan mulai Rabu (3/11) sampai Sabtu (7/11).

“Kami merasa bangga bisa ikut perkemahan ini, karena kami bisa bertemu dengan teman-teman yang ada di Indonesia,” kata ikram dengan logat melayunya.

Ikram yang bersekolah di SMI Aman tersebut mengatakan, di Malaysia sulit untuk menemukan tempat seperti di bumi perkemahan Coban Rondo yang masih asri dan suasana alam hutan yang alami.

Ketika ditanya pendapatnya tentang pramuka indonesia, ia mengatakan, pesertanya memiliki disiplin yang cukup tinggi dan memiliki pembagian tugas yang jelas di setiap regunya.

“Semoga perkemahan antarnegara ini bisa dilanjutkan terus di masa mendatang,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement