Jumat 13 Nov 2015 23:08 WIB

BSI akan Gelar Seminar Nasional Kejahatan Multimedia di Media Sosial

Red: Irwan Kelana
Dosen BSI dan praktisi IT Mochammad Wahyudi (kiri), dan Direktur BSI Naba Aji Notoseputro (ketiga dari kiri) seusai Seminar Nasional IT, Ethics, Regulation and Cyber Law I beberapa waktu lalu.
Foto: Dok BSI
Dosen BSI dan praktisi IT Mochammad Wahyudi (kiri), dan Direktur BSI Naba Aji Notoseputro (ketiga dari kiri) seusai Seminar Nasional IT, Ethics, Regulation and Cyber Law I beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Jejaring sosial dan sosial media memang tengah marak saat ini. Media sosial memberikan kemudahan bagi penggunanya baik dari pertukaran informasi hingga sebagai media pemasaran bagi perusahaan.

 

Kemudahan yang disajikan tersebut menjadi hak semua orang, tanpa terkecuali. Oknum yang menyalahgunakan fungsi jejaring sosial untuk hal-hal negatif juga akan ikut merasakan kemudahan tersebut.

Saat ini, telah banyak tindakan kejahatan yang dilaporkan terjadi melalui perantara jejaring sosial, seperti kasus penipuan, pemalsuan akun,  “bullying”, pelecehan, pencemaran nama baik dan lain-lain di media sosial.

“Tentunya fenomena ini sungguh memprihatinkan dan menjadi fokus bagi semua pihak,” kata dosen  Bina Sarana Informatika (BSI) dan praktisi IT Dr Mochammad Wahyudi MM, MKom, MPd, CEH, CHFI, Jumat (13/11).

Terkait hal tersebut, Wahyudi yang bersertifikasi internasional di bidang hacking dan IT Forensic dari EC Council, menambahkan, BSI Yogyakarta bekerja sama dengan Polda  Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyelenggarakan Seminar Nasional IT, Ethics, Regulation and Cyber Law III di HOM Platinum Hotel, Yogyakarta, Selasa (17/11).

Seminar yang mengusung tema “Kejahatan Multimedia di Media Sosial” itu  akan diisi oleh Wahyudi dan Kombes Pol Antonius Pujianto  SH dari Polda DIY.

“Selain menambah wawasan tentang kejahatan di sosial media,  diharapkan dengan adanya seminar ini  kita dapat berperan sebagai agen perubahan untuk menciptakan dan mengenalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ke masyarakat dengan tujuan yang bijak dan  upaya pencegahan memerangi kejahatan cyber yang modusnya semakin beragam,” papar Mochammad Wahyudi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement