Kamis 19 Nov 2015 16:01 WIB

Sebanyak 649 Siswa SD Dilantik Jadi Dokter Kecil

Red: Andi Nur Aminah
Siswa SD yang mengikuti program dokter kecil berdoa bersama usai pelantikan di SDN Pondok Labu 07, Kamis (19/11).
Foto: Andi Nur Aminah/Republika
Siswa SD yang mengikuti program dokter kecil berdoa bersama usai pelantikan di SDN Pondok Labu 07, Kamis (19/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 649 siswa SD di Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan dilantik menjadi dokter kecil. Siswa yang umumnya dari kelas 4 dan kelas 5 SD ini, berasal dari 15 SD di Wilayah Kecamatan Cilandak. Pelantikan dilaksanakan di SDN Pondok Lbu 07, Jakarta Selatan, Kamis (19/11). 

Pelantikan dokter kecil dilakukan oleh Camat Kecamatan Cilandak, Dhany Sukma. Dalam sambutannya Dhany menyampaikan bahwa dokter kecil yang dilantik hari ini adalah anak-anak pilihan. "Selamat buat adik-adik yang dilantik. Kalau pernah dengar kata wisuda, maka saat ini adik-adik juga sudah melakukan wisuda. Karena mereka yang memberikan pelatihan adalah orang-orang yang ahli di bidangnya," kata Dhany. 

Para siswa yang menjadi dokter kecil, telah mengikuti pelatihan selama tiga hari. Mereka dilatih oleh tenaga kesehatan dan dokter di Puskesmas wilayah masing-masing. 

Kepada para dokter kecil, Dhany mengatakan setelah dilantik, kini tugas para dokter kecil adalah menjalankan fungsi-fungsi mereka di lingkungan sekolah. "Kalian harus bisa menolong diri sendiri, menolong teman, keluarga, dan lain-lain terutama saat berada di lingkungan sekolah," ujarnya. 

Pelantikan dokter kecil di Kecamatan Cilandak, tahun ini memang hanya diikuti 15 sekolah. Karena itu Dhany berharap, sekolah-sekolah yang belum mengikuti pelantikan bisa segera menuntaskan program pelatihannya dan siswanya pun bisa dilantik. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement