Ahad 24 Jan 2016 04:45 WIB

Sultra Punya Sekolah Gratis untuk Olahragawan Berbakat

Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,KENDARI -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara terus memperkenalkan keberadaan Sekolah Keberbakatan Olahraga di daerah itu untuk pembinaan olahraga dikelola secara gratis untuk peserta didik yang menjadi siswa.

"Masyarakat harus mengetahui bahwa kita sudah memiliki satu sekolah yang gratis buat siswa. Semua yang menanggung biaya pendidikan siswa sejak awal hingga selesai adalah pemerintah," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Damsid di Kendari, Sabtu.

Menurut dia, sekolah tersebut sudah menerima siswa sejak tahun 2015 sejumlah 70 orang yang direkrut dari 17 kabupaten kota di Sultra dengan seleksi ketat.

"Ada tim khusus yang turun lapangan untuk melakukan seleksi bagi siswa dari semua sekolah yang memiliki bakat dan prestasi olahraga," katanya.

Dia menyebutkan, ada empat cabang olahraga yang menjadi prioritas pembinaan di sekolah tersebut yakni pencak silat, dayung, sepak takraw dan atletik.

Ia mengaku, tahun ini sekolah tersebut akan merekrut kembali siswa sebanyak 70 orang.

Ia berharap, Sekolah Keberbakatan yang berlokasi di dekat gerbang perbatasan Kabupaten Konawe Selatan dan Kota Kendari tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat yang baik bagi daerah ini khususnya dalam mencetak atlet-atlet cabang olahraga yang menjadi andalan daerah itu.

"Tujuan yang ingin dicapai adalah sekolah keberbakatan itu menjadi wadah pembinaan calon atlet yang dapat mengharumkan nama daerah itu di kancah regional, nasional maupun internasional," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement